Edit ROM Tanpa Bongkar file APK Android

Go-Detik.Edit ROM Tanpa Bongkar file APK Android .Apakah terbayang kita bisa edit rom mungking bagi kita yang awam pasti berkata manamungkin .nah sekarang apa sii yang tidak mungkin jadi mungkin kita lanjut ke pembahasanya.
Mungkin saja. Di forum XDA Developer ada seseorang dengan nick rovo89 telah berhasil mengembangkan sebuah Framework baru. Cara kerja framework ini simple, yaitu melebarkan / memperpanjang proses eksekusi /system/bin/app_process untuk meload file JAR disaat start up sedang berlangsung.
Singkat cerita, anda bisa merubah segala parameter untuk semua metode pemanggilan class dan juga anda bisa menambah atau menghapus resources-resources dengan mudah. Tanpa bongkar APK, edit smali, sign, dan lain-lain.
Baiklah mungkin dua paragraf diatas bila anda pahami akan sedikit membingungkan. Jadi langsung saja, mari kita mengenal sebuah framework yang memungkinkan anda untuk memodifikasi ROM tanpa merubah APK apapun dan juga tanpa flashing.
Xposed - Cara Modifikasi ROM Tanpa Bongkar APK Android
Xposed - Cara Modifikasi ROM Tanpa Bongkar APK Android
Seperti yang sudah saya ceritakan diatas, kini bongkar pasang ROM tanpa edit APK sudah bukan hal yang mustahil lagi. Kini ada sebuah framework bernama Xposed yang mampu mengatasi persoalan ini.
Berikut beberapa hal yang wajib anda ketahui tentang Xposed :
    Dengan Xposed, tidak perlu anda memodifikasi APK apapun. Berarti tidak perlu susah-susah decompile, merubah smali, recompile, sign, dll
    (Contoh penggunaan Xposed) dengan Xposed, kita bisa mengedit statusbar Android tanpa melalui proses yang panjang. Misal ganti icon baterai Android, ganti bentuk sinyal, rubah letak jam, menampilkan tanggal, menampilkan speed internet di statusbar Android, dan lain sebagainya
    Xposed bisa dipakai di ROM Odex dan Deodex
    Xposed hanya bekerja pada Android versi 4.x.x
    Xposed bisa dihilangkan / dinonaktifkan tanpa harus flashing ulang
    Xposed ini open source. Tahu artinya?
Langkah-langkah Install Xposed
    Backup ROM Android anda (NANDROID BACKUP) untuk berjaga-jaga bila terjadi brick / bootloop. Baca Cara Backup ROM Android Melalui CWM Recovery
    Download Xposed Installer melalui link berikut : http://dl.xposed.info/latest.apk kemudian install
    Jalankan Xposed Installer
    Masuk ke bagian Framework, klik Install/Update
    Reboot perangkat anda
    Selesai
Untuk menggunakan Xposed, tidak serta merta begitu saja. Kita perlu yang namanya Module. Dimana kita bisa mendapatkan Module? Silahkan anda buka link berikut, http://repo.xposed.info/. Disana ada banyak jenis module gratis yang bisa anda coba aplikasikan ke perangkat anda, contohnya Xblast, Xposed StatusBar Mods, Youtube AdAway, XHaloFloatingWindow, dan lain-lain. Selain di link tersebut, Module Xposed ini sudah banyak tersebar di Google Play juga.
Baca official thread Xposed Installer di http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1574401.
Untuk selanjutnya akan saya posting Cara Edit Statusbar Tanpa Bongkar APK SystemUI dengan menggunakan bantuan Xposed ini.

Comments

Popular Posts